Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

It's Indonesian women all about [ Fashion, Beauty, Career, Single Happy, Family, Baby, Kitchen and Others ]

FLEK HITAM…jauh jauh dech..!!!



Wanita mana sih yang ga ingin tetap tampil cantik dan mulus sampai usia tua? Salah satu asset dan kebanggan wanita adalah bisa menampilkan yang terbaik dari performanya sehari-hari. Penampilan ok, tapi wajah penuh flek hitam?kayaknya ga banget ya..
Yuk intip penyebab dari munculnya Flek hitam
Flek yang umum ditemukan pada wajah, tidak berhubungan dengan tipe kulit kering, normal ataupun berminyak. Flek disebabkan banyak hal, seperti faktor genetik, hormon, ras, sinar UV, kosmetika yang digunakan sehari-hari, serta konsumsi obat-obatan yang memicu terjadinya pigmentasi kulit. 1. Interaksi dengan sinar matahari secara langsung
Flek akibat sinar matahari yang sering kita lihat adalah freckles, terjadi karena sinar matahari (sun spots, sproeten). Sedangkan melasma berupa bintik-bintik hitam yang dihasilkan dari kombinasi sinar matahari dan hormone. Flek hitam di wajah dan dada lebih sering ditemukan pada jenis kulit berwarna cerah. Jika tidak segera dirawat, flek bisa bertambah banyak dan melebar.
Terkena sinar ultraviolet saat berpapasan langsung dengan sinar matahari akan merusak gugus sulfihidril di epidermis yang berakibat pada tidak adanya penghambatan proses pegmentasi. Untuk itu dianjurkan bagi anda untuk sering- sering membasuh muka.
2. Alat make up dan kosmetik
Wanita memang tidak terlepas dari make up, namun penggunaan alat make up yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru akan membuat wajah kering, muncul flek hitam, dan kulit terlihat lebih tua. Kosmetik dengan zat pewarna dan bahan- bahan tertentu juga membuat hiperpegmentasi pada kulit wajah saat anda kontak langsung dengan matahari.

3. Pil Kontrasepsi
Penggunaan pil kontrasepsi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon esterogen, progesteron, dan juga MSH. Biasanya saat penggunaan pil kontrasepsi ini flek hitam akan muncul dan tampak dalam 1 bulan hingga 2 tahun setelah pemakaian pil.

4. Genetik
Faktor genetika tak luput dari salah satu penyebab ini. Sekitar 20%- 70% dari keluarga yang mempunyai flek hitam menurun pada anaknya. Faktor genetik lainnya berhubungan dengan ras, hiperpegmentasi juga sering dialami oleh ras dengan kulit berwarna gelap.

5. Obat- obatan
Obat- obatan yang patut diwaspadai karena bisa menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah antara lain klorpromazine, mesantoin, Difenilhidantoin, dan minosiklin. Kandungan obat ini akan menimbun di lapisan dermis dan secara tidak langsung merangsang adanya proses hiperpegmentasi.

6. Bekas jerawat
Bekas jerawat juga menjadi faktor penting adanya pegmentasi yang berujung pada flek hitam. Untuk itu jika anda tidak ingin mempunyai flek hitam di wajah, anda juga harus menghindari penyebab tumbuhnya jerawat karena kedua hal ini berkaitan.


 
Flek Hitam bisa dicegah dan disamarkan dengan beberapa cara diantaranya:
  1. Hindari paparan langsung sinar ultraviolet terutama antara pukul 09.00-15.00. Gunakan payung atau topi yang lebar jika keluar rumah. Jangan lupa menggunakan tabir surya yang tepat untuk melindungi kulit, spf 15 untuk aktifitas sehari-hari dan spf 30 untuk paparan intens. Gunayan tabir surya berulang dalam waktu beberapa jam.
  1. Hati-hati memilih produk pemutih wajah. Saat ini beredar krim kecantikan yang menjanjikan dapat mengatasi jerawat, menghaluskan, mengencangkan, serta memutihkan kulit. Ingat, tidak ada krim wajah serbaguna yang dapat menyelesaikan semua masalah kulit.
  1. Saat usia menginjak angka 25, metabolisme tubuh mulai melambat. Regenerasi kulit harus dibantu dengan microdermabrasi seminggu sekali. Pengangkatan sel kulit mati akan membantu.
  1. Pemakaian krim malam sebelum tidur juga membantu proses regenerasi kulit.
  1. Jika kondisinya sudah parah, lakukan peremajaan kulit di klinik kecantikan dengan cara membidik melanin pada bercak tersebut untuk menghilangkan bercak pigmen.
Kalo mau secara alami bisa dicoba yang berikut ini:
1. Lemon/Jeruk Nipis.
Jeruk nipis (Citrus Aurantifolia) mengandung asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin dan limonin yang berefek pada kekebalan tubuh dan antiinfeksi. Vitamin C pada buah ini berkhasiat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda-noda hitam pada kulit wajah.

Selain digunakan sebagai obat luar, lemon atau jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat dalam untuk menyamarkan flek hitam pada wajah dengan cara dibuat jus.
2. Madu
Madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit. Dan juga madu mengandung zat anti mikrobial, yang dapat menghambat penyakit. Cukup oleskan pada wajah Anda atau dibuat masker dengan campuran putih telur.
3. Tomat.
Buah yang satu ini pasti sangat mudah untuk didapatkan. Ternyata tidak hanya buah jeruk saja loh yang mengandung Vitamin C, buah tomat pun mengandung Vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Dalam buah yang satu ini, terdapat antioksidan yang paling ampuh untuk melawan radikal bebas. Selain itu juga mengandung asam sitrat yang kalau dioleskan pada wajah akan mengangkat kotoran dan lemak pada wajah serta dapat mencerahkan wajah dan menyamarkan bintik-bintik hitam. Protein pada buah tomat berfungsi untuk megganti sel-sel yang surak.
4. Mentimun
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, pencerah dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan noda-noda hitam pada wajah.

Sumber:
http://www.femina.co.id/cantik/beauty.tips/5.cara.mencegah.flek.di.wajah/002/005/59
http://greenalvinashop.com/blog/penyebab-flek-hitam-dan-cara-mengatasi/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

RADIO SUWARA DWIPA

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Sindikasi celebrity.okezone.com

Sindikasi okefood.okezone.com

Sindikasi economy.okezone.com